RSS

Menunggu Hasil UN 2012

Semua siswa SMP maupun SMA pasti akan merasa was-was atau tidak tenang meskipun telah menempuh ujian nasional. Hal ini dikarenakan masih harus menunggu hasil ujian nasionalnya juga. Tak heran jika ada kejadian di masyarakat terdapat pula siswa yang mengalami depresi, stres bahkan tak jarang hingga menuai sebuah kematian (bunuh diri).

Publik sempat digegerkan atas kematian Wahyu Ningsih (19), siswi sebuah SMKN di Muaro Jambi yang meninggal dengan cara menenggak racun lantaran tidak lolos di mata pelajaran matematika. Padahal Wahyu Ningsih ini tergolong sebagai siswi pandai di bidang pelajaran Bahasa Indonesia, bahkan hasil Ujian Nasionalnya untuk mata pelajaran bahasa Indonesia memperoleh nilai tertinggi.

Saya pikir pemerintah tahu bahwa setiap manusia pasti dilahirkan dengan kemampuan, bakat dan keterampilan yang berbeda-beda. Lantas mengapa semua siswa dipukul rata dengan ujian yang berbeda?

Alangkah lebih baik lagi jika pemerintah selaku pemegang regulasi pendidikan di negeri ini berperan sebagai pembantu penyalur bakat bagi generasinya ini sehingga siswa yang pandai matematika bisa fokus dan teruji di bidang matematika, siswa yang ulet dibidang seni bisa fokus dan teruji di bidang seni dll.

Akankah menunggu Hasil UN  akan tetap menjadi momok generasi bangsa ini?
kita lihat saja nanti

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar